7 Strategi Marketing Parfum yang Efektif dan Ampuh!
- Updated: 09/05/2024
- By: Fauzan Suryo Wibowo
- In: Bisnis Kosmetik
Pernah nggak sih Anda merasa bingung gimana cara memasarkan parfum? Tenang, Anda nggak sendirian.
Banyak pebisnis parfum pemula yang merasa kesulitan memasarkan produknya di tengah persaingan yang ketat.
Tapi jangan khawatir, Tim MKI punya solusinya nih! Yuk simak strategi marketing parfum yang efektif dan ampuh berikut ini.
Kenali Peluang Bisnis Parfum di Indonesia
Sebelum terjun ke strategi marketingnya, penting banget buat Anda memahami peluang bisnis parfum di Indonesia.
Berdasarkan data dari Statista, pasar parfum di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh hingga tahun 2028 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 2,73%. Keren kan!
Yang menarik, ternyata parfum non-mewah bakal mendominasi 70% penjualan wewangian di Indonesia.
Nah, ini bisa jadi peluang emas buat Anda yang mau memulai bisnis parfum lokal.
Bahkan, Kementerian Perindustrian RI sudah memasukkan industri kosmetik (salah satunya parfum) sebagai salah satu sektor andalan dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035.
Wah, jadi makin yakin kan buat terjun ke bisnis parfum? Tapi ingat, persaingannya juga nggak main-main.
Data dari BPOM menunjukkan ada 520.188 produk kosmetik (sejak artikel ini di tulis) termasuk parfum yang sudah punya izin edar di tahun 2024.
Jadi, Anda harus punya strategi marketing yang jitu biar bisa bersaing.
7 Strategi Marketing Parfum yang Ampuh
Nah, sekarang kita masuk ke bagian pentingnya nih. Berikut 7 strategi marketing parfum yang bisa bikin produk Anda laris manis:
1. Ketahui Pasar dan Target Audiens
Yang utama dan terpenting adalah Anda mengetahui target audiens brand Anda.
Pahami siapa target pasar Anda, dengan mengenali preferensi, demografi dan kebiasaan mereka dalam membeli parfum.
Pengetahuan ini akan membantu Anda menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Lantas, bagaimana bisa mengetahui siapa audiens dan apa kebutuhan mereka?
Digital Marketing Institute menjelaskan bahwa Anda memerlukan data yang diambil dari riset audiens, kompetitor, trend, dan wawancara.
Data-data tersebut menjadi sumber informasi untuk mengidentifikasi hambatan dan kemudian Anda bisa mengembangkan parfum dan cara komunikasi brand yang lebih relevan untuk audiens.
2. Bangun Identitas Merek yang Kuat
Identitas brand yang kuat akan membedakan brand Anda dari kompetitor.
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menciptakan merek yang unik dan menarik, dengan konsep yang bahkan mungkin belum pernah ada sebelumnya.
Brand-brand parfum terkenal biasanya memiliki identitas merek yang begitu kuat, sehingga mereka mampu dengan mudah menyajikan visual, brand positioning, dan storytelling yang unik dan khas.
Contohnya nih, HMNS (Humans) dengan tagline “made for humans”.
Mereka nggak cuma jualan parfum, tapi juga menyampaikan pesan yang dalam lewat identitas mereknya.
Brand ini ingin membawakan produk parfum premium yang dapat digunakan semua orang, tapi terjangkau. Keren kan?
3. Buat Brand Story yang Melekat
Apabila identitas merek Anda sudah diketahui, Anda dapat membuat cerita brand Anda dengan mudah. Brand story adalah narasi yang menjelaskan asal-usul, nilai, dan identitas merek parfum. Cerita ini membantu membangun hubungan emosional dengan audiens dan memperkuat posisi merek di pasar.
Adapun, berikut ini adalah elemen-elemen yang perlu Anda masukkan dalam membangun brand story parfum yang melekat di audiens:
Asal Usul dan Inspirasi
Ceritakan bagaimana ide parfum Anda muncul. Apakah terinspirasi dari pengalaman pribadi, budaya, daerah, ataupun pengalaman khusus?
Contohnya, Brand HMNS sendiri menceritakan bahwa mereka berangkat dari pertanyaan “Bagaimana menciptakan parfum yang terjangkau, tapi memiliki kualitas parfum desainer berkualitas tinggi dan khusus?”.
Misi dan Nilai
Anda juga bisa jelaskan nilai-nilai inti yang mendasari merek Anda. Apa yang Anda perjuangkan?
Apakah ada komitmen terhadap keberlanjutan, kualitas dan inovasi?
Contoh: “Kami berkomitmen untuk menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan, serta mendukung penggunaan bahan lokal dalam setiap produksi parfum kami.”
Konsep Merek
Anda bisa mendeskripsikan konsep dan identitas merek Anda. Apa yang membedakan Anda dari pesaing?
Tentu setiap brand parfum memiliki keunikannya tersendiri, entah dari desainnya, ataupun formulanya.
4. Memanfaatkan Kekuatan Visual
Memanfaatkan kekuatan visual dalam strategi marketing parfum sangat penting karena elemen visual dapat menarik perhatian, membangun identitas merek, dan mempengaruhi persepsi konsumen.
Visual yang menarik dalam strategi marketing parfum dapat diimplementasikan pada desain kemasan, fotografi produk berkualitas tinggi, visual branding yang konsisten, konten media sosial, iklan kreatif, storytelling, serta tampilan dan tata letak toko.
5. Melakukan Strategi Pemasaran Digital
Strategi digital marketing untuk parfum dapat memanfaatkan berbagai platform dan teknik untuk meningkatkan visibilitas, menarik audiens, dan mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan.
Platform-platform seperti website dan media sosial bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesadaran pelanggan atas brand Anda.
Berikut ini adalah sejumlah strategi digital marketing yang dapat Anda lakukan:
Mengoptimalkan Website dengan SEO
Optimalkan website brand parfum Anda dalam mesin pencari menggunakan kata kunci yang relevan.
Pastikan website memiliki konten yang informatif, deskripsi produk yang jelas, blog dengan informasi wewangian, dan aksesibilitas mumpuni.
Dengan performa SEO yang mumpuni, halaman-halaman website brand parfum Anda akan tampil di peringkat teratas hasil pencarian.
Hadir di Media Sosial
Pemanfaatan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk membagikan visual menarik, seperti foto produk, video unboxing, dan behind-the-scenes dapat meningkatkan kesadaran audiens.
Di sisi lain, Anda juga bisa berkolaborasi dengan influencer atau brand ambassador di media sosial yang memiliki audiens sesuai dengan target pasar Anda.
Mereka dapat mempromosikan parfum Anda melalui postingan, ulasan, dan cerita yang menarik di akun media sosial mereka.
Iklan Berbayar
Iklan berbayar dapat menjangkau target audiens, dan pengunjung menjadi pelanggan.
Anda bisa memanfaatkan Google Ads untuk memasang iklan penelusuran dan iklan display.
Sementara itu, di media sosial, Anda bisa menggunakan Meta Ads untuk menjangkau pengguna Facebook dan Instagram melalui iklan bergambar, video, dan carousel yang dirancang untuk menarik dan mendorong interaksi audiens dengan brand Anda.
TikTok juga memiliki fitur iklan bernama TikTok Ads yang biasa muncul ketika Anda scrolling TikTok.
Biasanya iklan TikTok berupa video singkat yang menarik perhatian dalam beberapa detik pertama.
Email Marketing
Ini adalah salah satu cara yang paling personal untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Email marketing sangat efektif untuk membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan loyalitas dengan pelanggan.
Melalui email marketing, Anda bisa menawarkan akses eksklusif kepada pelanggan email untuk membeli produk baru ataupun promo.
Ini akan menciptakan rasa eksklusivitas dan urgensi.
6. Membuat Acara Pemasaran
Selain strategi digital marketing, offline marketing juga merupakan salah satu cara untuk membangkitkan brand awareness dan menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan audiens.
Dengan brand Anda menghadirkan acara atau pop out store dalam sebuah acara, Anda bisa menyediakan demonstrasi produk di mana audiens bisa mencoba secara langsung mencoba parfum dan membelinya.
7. Melibatkan Pelanggan Dalam Pengembangan Produk
Anda bisa mendapatkan banyak insight dari pelanggan dalam proses pengembangan produk Anda.
Pendekatan ini akan membuat produk parfum yang lebih sesuai dengan keinginan pasar dan memperkuat loyalitas pelanggan terhadap brand Anda.
Kumpulkan feedback dari pelanggan menggunakan survey, voting, atau wawancara.
Anda bisa bertanya mengenai preferensi pelanggan terkait aroma, kemasan, dan pengalaman ketika menggunakan parfum.
Anda juga bisa menggunakan cara sampel gratis untuk ‘cek ombak’ terkait ulasan dan saran perbaikan dari produk yang sedang dikembangkan.
Yuk, Bikin Brand Parfum Impian Anda!
Gimana? Udah siap bikin brand parfum yang sukses? Ingat ya, kunci utamanya adalah konsistensi dan kreativitas dalam menerapkan strategi-strategi di atas.
Kalau Anda masih bingung atau butuh bantuan, jangan ragu buat konsultasi sama ahlinya.
PT. Maklon Kosmetik Indonesia siap bantu Anda dari proses perencanaan, formulasi, produksi, hingga promosi yang tepat!
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan impian Anda punya brand parfum sendiri sekarang juga!