10 Cara Bisnis Parfum Brand Sendiri, Cocok untuk Pemula!
- Updated: 09/05/2024
- By: Fauzan Suryo Wibowo
- In: Bisnis Kosmetik
Daftar Isi
Kesempatan untuk sukses di bisnis parfum begitu besar. Menurut Compas Market Insight pada tahun 2022, parfum merajai penjualan di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bli Bli.
CNBC juga melaporkan di tahun 2023 bahwa Sociolla, e-commerce yang menjual produk kecantikan juga mengalami 3x lipat kenaikan penjualan parfum.
Tren penjualan parfum akan terus berkembang di beberapa tahun kedepan. Euromonitor International memprediksikan pada tahun 2028, nilai pasar ini akan mencapai 491,36 juta USD atau sekitar 7,61 triliun, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 6,7%.
Pertanyaannya, apakah sulit untuk memulai bisnis parfum? Ternyata tidak sesulit itu, lho!
Anda bisa buat bisnis parfum dengan brand sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
Langkah Langkah Memulai Bisnis Parfum Sendiri dari Awal
Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam industri parfum. Mulai dari perencanaan, pemilihan aroma, hingga pembuatan strategi pemasaran.
1. Riset Pasar dan Target Konsumen
Membangun brand parfum sendiri adalah proses yang menarik, tapi memerlukan perencanaan yang matang dan pemahaman mendalam tentang industri parfum.
Dengan ini, Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan pasar, mempelajari potensi segmentasi pasar, dan tren aroma parfum.
Oleh karena itu, hal pertama yang dilakukan adalah meriset pasar industri parfum.
Anda bisa melakukan penelitian sekunder dengan baca laporan industri, artikel, dan publikasi lainnya yang membahas tren terkini di industri parfum.
Anda juga perlu memantau media sosial untuk melihat tren parfum apa yang sedang populer.
Kemudian, Anda bisa mengidentifikasi demografi (usia, jenis kelamin, pendapatan) dan psikografi (gaya hidup, minat) dari target pasar brand parfum.
Untuk memudahkan proses ini, Anda bisa membuat profil persona konsumen potensial agar bisa memahami kebutuhan dan keinginan mereka.
2. Pikirkan Jenis Label Usaha
Label usaha dalam industri parfum terbagi dalam tiga kategori. Anda bisa mempertimbangkannya sesuai dengan rencana dan berapa banyak modal yang dimiliki.
Adapun, berikut ini adalah sejumlah jenis label usaha yang bisa Anda jalankan:
- Private Label: Ini memungkinkan Anda untuk bekerja sama dengan pabrik parfum yang akan memproduksi parfum untuk brand Anda.
- Membuat parfum sendiri: Anda bertanggung jawab untuk membuat formula dan memproduksi parfum.
- Mitra Usaha: Pada jenis label ini Anda akan bekerja sama dengan pihak lain untuk membentuk sebuah mitra usaha brand parfum.
- Waralaba: Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli waralaba dari brand parfum yang sudah ada.
Bagi yang ingin membuat brand sendiri tanpa harus memikirkan membangun pabrik produksi parfum, maka Anda bisa membangun private label lalu bekerja sama dengan perusahaan jasa maklon parfum untuk membuat produk dan packaging parfum.
3. Menyiapkan Modal dan Menyesuaikan Budget
Setelah mengetahui jenis label usaha parfum yang akan dibangun, Anda perlu melakukan perhitungan modal awal.
Ini bisa mencakup: biaya jasa maklon parfum, desain dan branding, legalitas, promosi, hingga estimasi biaya operasional bulanan.
Keuntungan menggunakan jasa maklon yang memiliki pabrik parfum bersertifikasi BPOM akan mengurangi biaya awal dan menghemat waktu Anda dalam membangun bisnis parfum brand sendiri ini.
Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli peralatan produksi dan bahan baku.
Melainkan, penyedia jasa maklon telah memiliki peralatan produksi parfum dan akses ke bahan baku parfum berkualitas.
Biaya jasa maklon parfum tergantung MOQ (Minimum of Quantity) di setiap pembelian.
PT. Maklon Kosmetik Indonesia merupakan supplier parfum BPOM MOQ rendah yang bisa Anda hubungi untuk memproduksi parfum dengan jumlah pesanan yang lebih kecil. Mulai dengan 1,000 botol parfum ukuran 30ml, yang bisa di buat dengan 2 aroma berbeda.
4. Membuat Konsep Produk
Apabila Anda telah memiliki informasi yang lengkap mengenai tren pasar parfum dan calon pelanggan, maka Anda perlu membuat produk parfum yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasar.
Anda bisa memenangkan pasar dengan mengidentifikasi celah pasar industri parfum yang dapat diisi oleh produk brand Anda.
Oleh karena itu, penentuan target calon pelanggan sangat penting untuk mengetahui kebutuhan parfum mereka.
Bayangkan, preferensi aroma parfum seorang wanita profesional yang bekerja sebagai manajer tentunya sangat berbeda dengan pria yang berprofesi sebagai atlet.
Manajer wanita tersebut mungkin lebih menyukai aroma floral yang elegan dibandingkan dengan aroma segar dan energik seperti citrus atau herbal yang digunakan oleh atlet pria.
Apabila Anda bingung menentukan produk, Anda bisa mengembangkan formulasi parfum yang unik dan khas dengan berkonsultasi bersama ahli parfum (perfumer) yang kemudian didiskusikan dengan perusahaan jasa maklon.
PT. Maklon Kosmetik Indonesia mempunyai koleksi lebih dari 1000 aroma untuk Anda pilih sesuai dengan pilihan dan strategi bisnis Anda.
5. Membangun Identitas dan Nilai Brand
Aspek yang tidak kalah penting dari bisnis parfum adalah membangun identitas dan nilai brand.
Ini dilakukan untuk menarik perhatian konsumen dan membedakan produk Anda dari kompetitor.
Oleh sebab itu, Anda perlu membuat visi, misi, dan nilai-nilai inti yang menjadi dasar pembentukan brand parfum.
Setelah nilai dasar tersebut terbentuk, Anda bisa mengembangkan identitas visual seperti nama brand, logo, dan desain kemasan yang mencerminkan karakter dan citra brand parfum Anda.
Identitas visual yang kuat akan memudahkan Anda untuk menciptakan kisah brand yang menarik yang kemudian akan membantu membangun koneksi emosional dengan pelanggan.
PT. Maklon Kosmetik Indonesia mempunyai tim dan staf ahli berpengalaman untuk membantu Anda membangun brand yang sesuai dengan Anda inginkan.
6. Mendesain Botol dan Kemasan Parfum
Anda perlu memilih botol yang menarik yang sesuai identitas brand yang telah dibentuk. Setiap brand parfum memiliki ciri khas botol parfumnya masing-masing.
Ada yang berbentuk botol kaca berwarna hitam matte, botol dengan kaca premium berbentuk persegi, hingga yang menggunakan plastik.
Selain bentuk dan material botol parfum, pertimbangkan juga elemen fungsionalitas seperti tutup botol yang ergonomis dan mekanisme semprotan yang mudah digunakan. Rancangan luar atau kemasan parfum juga perlu dirancang secara cermat agar menambah daya tarik visual.
Ada banyak pilihan model botol juga box yang bisa Anda pilih jika ingin membuat parfum di PT. Maklon Kosmetik Indonesia. Jika Anda perlu melakukan custom diluar dari katalog yang tersedia, Anda bisa membicarakan hal tersebut dengan konsultan dari PT. Maklon Kosmetik Indonesia.
7. Legalitas dan Perizinan
Sangat penting bagi sebuah brand parfum untuk mengurus legalitas dan perizinan yang diperlukan untuk memastikan produk dapat diedarkan secara sah. Ini termasuk mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta sertifikasi Halal.
Mengurus legalitas menandakan brand Anda patuh pada regulasi yang berlaku, ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.
Sebagai bagian dari perijinan BPOM, PT. Maklon Kosmetik Indonesia akan membantu Anda mendaftarkan merek ke DirJen HKI agar merek Anda mendapatkan perlindungan hukum yang berlaku.
8. Merencanakan Saluran Penjualan
Ini adalah langkah penting untuk memastikan produk brand parfum Anda mencapai pasar dengan cara yang optimal. Di masa modern seperti sekarang ini, banyak brand parfum hadir di platform digital seperti e-commerce dan media sosial. Namun, masih banyak juga yang memanfaatkan penjualan parfum melalui toko ritel atau hadir di event khusus.
Di saluran online, Anda bisa mengoptimalkan dengan hadir di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Jangan lupa memanfaatkan media sosial untuk menarik dan berinteraksi dengan pelanggan.
Sementara itu di saluran offline, Anda bisa bekerja sama dengan toko-toko ritel dan hadir sebagai pop up store pada acara yang relevan dengan produk Anda, seperti: acara produk kosmetik, olahraga, atau acara yang berkaitan dengan gaya hidup.
9. Pengembangan Produk yang Tidak Pernah Berhenti
Dengan cepatnya perubahan pasar dan permintaan konsumen, Anda sebagai pengusaha parfum perlu memperbarui produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Proses ini membutuhkan uji pasar dengan mengetahui feedback dari konsumen dan data penjualan.
Pengembangan produk bisa dilakukan dengan perbaikan formula, memperbarui desain kemasan, atau bahkan menambah aroma parfum baru. Pengembangan produk tidak pernah berhenti agar brand Anda bisa selalu bisa menjadi terdepan.
10. Evaluasi Bisnis
Terakhir, Anda perlu mengevaluasi strategi bisnis parfum secara keseluruhan. Anda perlu memeriksa data penjualan untuk mengetahui tren permintaan dan mengidentifikasi apabila produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan target pasar yang telah ditetapkan.
Penting juga untuk mengevaluasi usaha pemasaran yang diterapkan, termasuk kampanye iklan, promosi, dan penggunaan media sosial. Di sisi lain, feedback pelanggan juga harus dikumpulkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu ditingkatkan.
Dengan melakukan evaluasi bisnis, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam mengembangkan produk dan strategi pemasaran untuk kesuksesan bisnis parfum Anda.
Jadikan Visi Bisnis Parfum Anda Menjadi Kenyataan!
Siap untuk membawa brand parfum Anda menjadi nyata?
Mari bekerja sama dengan PT. Maklon Kosmetik Indonesia untuk mengembangkan bisnis parfum Anda ke level berikutnya!
Kami tidak hanya memproduksi parfum, tetapi juga membantu Anda untuk sukses di bisnis ini dengan merancang proses packaging dan promosi.
Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis dan mulailah perjalanan sukses Anda dengan pabrik parfum BPOM terpercaya, PT. Maklon Kosmetik Indonesia!