Cara Membangun Merek Bisnis Yang Kuat

pentinya membangun merek

Cara Membangun Merek Bisnis Yang Kuat – Merek adalah istilah, simbol, nama, desain yang digabung menjadi satu untuk mengenali sebuah produk, layanan, sebuah instansi, perusahaan dan lain-lainnya dari pemilik untuk membedakan dari produk atau jasa lainnya. Membangun merek yang kuat kini telah menjadi salah satu kewajiban pengusaha agar jualannya memiliki perbedaan dengan produk yang lain. Sekarang sebuah merek yang terkenal bisa menjadikan barang itu semakin mahal, dan menandakan bahwa itu barang bagus.

Pada dasarnya brand atau merek sangat penting bagi usaha apapapun, baik usaha kecil menengah (ukm) dan terlebih bagi perusahaan besar. Pengusaha pun mempertaruhkan segalanya demi sebuah merek, dan membuat strategi promosi merek sekuat-kuatnya. Dengan tenaga dan kemampuan.

Manfat merek adalah Sebagai sarana memudahkan proses pecalakan produk bagi setiap perusahaan agar konsumen dapat mencirikan suatu produk yang dimiliki perusahaan sehingga dapat membedakan. Konsumen pada umumnya akan lebih memilih merek yang terkenal daripada yang tidak. Walaupun terkadang itu membuat suatu barang menjadi lebih mahal dibandingkan pesaingnya.

Sehingga pebisnis pun berlomba-lomba membangun merek yang kuat, selain itu merek juga berpengaruh terhadap citra perusahaan dan reputasi perusahaan di mata konsumen. Merek juga boleh dikatakan sebagai aset bisnis yang berharga perusahaan untuk jangka panjang. Banyak orang yang berpendapat bahwa brand terkenal artinya produknya berkualitas. Bahkan masyarakat rela membayar lebih demi mendapatkan produk itu.

Bahkan kini merek sudah dilalui Undang-Undang merek yang memberikan hak eklusif kepada perusahaan. Yang artinya tidak ada yang boleh memakai nama merek yang sudah dipatenkan tersebut. UU merek berguna untuk mencegah pihak-pihak lain untuk memasarkan produk-produk yang identik atau mirip dengan merek yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan dengan menggunakan merek yang sama.

Manfaat Merek Bagi Konsumen
Merek dapat menceritakan sesuatu kepada pembeli tentang suatu mutu produk maupun jasa
Merek mampu menarik perhatian pembeli terhadap produk-produk baru yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka.

Manfaat merek bagi perusahaan

  • Merek memudahkan penjual dalam mengolah pesanan dan menelusuri masalah yang timbul.
  • Merek dapat memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan yang dimiliki oleh suatu produk.
  • Merek memungkinkan untuk menarik sekelompok pembeli yang setia dan menguntungkan.
  • Merek membantu penjual dalam melakukan segmentasi pasar.

Manfaat Merek Bagi Publik (Konsumen)

  • Pemberian merek memungkinkan mutu produk lebih terjamin dan lebih konsisten.
  • Merek dapat meningkatkan efisiensi pembeli karena merek dapat menyediakan informasi tentang produk dan dimana dapat membeli produk tersebut.
  • Merek dapat meningkatkan inovasi produk baru, karena produsen terdorong untuk menciptakan keunikan baru guna mencegah peniruan dari para pesaing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *